Posted by : Mahardhika Rabu, 28 Januari 2015

1. IP Publik
IP public adalah  IP yang bersifat worldwide dengan penggunaan konfigurasinya yang terikat dengan peraturan. IP publik adalah IP yang terhubung langsung dengan Internet. Alamat IP yang ada diinternet bersifat unik, dengan kata lain bahwa setiap alamat public yang terkoneksi ke internet pasti berbeda-beda  sehingga tidak akan ada alamat IP public yang sama di dalam seluruh jaringan internet. Hal tersebut bisa terjadi karean adanya control oleh ISP (Internet Service Provider). Mengapa demikian? Sesuai dengan apa yang kita ketahui bahwa didalam sebuah jaringan pasti tidak boleh memiliki  host dengan alamat yang sama, karena bisa terjadi tabrakan atau collision. Pemberian IP publik juga dikelompokkan berdasarkan Negara. Indonesia pada umumnya dimulai dengan kepala 202 dan 203. Contoh : IP public adalah akses Speedy modem yang merupakan IP public 125.126.0.1

2. IP Private
IP private atau IP pribadi, sesuai dengan namanya IP ini digunakan untuk jaringan yang bersifat pribadi atau jaringan lokal (LAN). IP private tidak dapat digunakan untuk mengakses internet dan hanya digunakan sebagai identifikasi antar host pada jaringan tertutup yang bersifat pribadi. Contoh penggunaan IP private adalah pada jaringan local kantor, hotel atau laboratorium komputer di sekolah yang bersifat offline. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) telah menetapkan alamat IP yang digunakan untuk IP Private.

  • Kelas A : 10.0.0.0 – 10.255.255.255
  • Kelas B : 172.16.0.0 – 172.31.255.255
  • Kelas C : 192.168.0.0 – 192.168.255.255

IP private sebenarnya dapat terhubung dengan internet. Namun harus melalui komputer server yang memiliki IP public yang terhubung dengan ISP dan dijadikan gateway jaringan tersebut.
Berikut adalah contoh penggunaan IP Private dan IP Publik.


sekian dulu yang bisa saya bagikan. kalo ada yang salah mohon dikoreksi. karena saya juga masih dalam tahap belajar... Salam tampan!!!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

About Me

- Copyright © JUANDA F. MAHARDHIKA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -